Senin, 07 Juli 2014

Dimensi Standar Lapangan Tennis International


Lapangan Tennis

Tennis atau sering disebut juga tennis lapangan adalah salah satu olahraga raket. Alat yang diperlukan dalam permainan tenis adalah raket, bola tennis dan lapangan dengan net (jaring) berukuran tertentu. Tennis termasuk olahraga pertandingan dimana permainan dilakukan oleh dua pihak yang saling berhadapan. Permainan tennis bisa dimainkan secara tunggal (single) satu lawan satu, atau secara ganda (double) dua lawan dua. Permainan tennis lapangan pada dasarnya dapat di lakukan di lapangan terbuka, namun untuk pertandingan resmi harus dilakukan di dalam ruangan untuk menghindari pengaruh angin.

Bentuk Lapangan Tennis

Lapangan tennis berbentuk persegi panjang yang dibagi menjadi dua bidang permainan oleh bentangan net. Pada masing-masing bidang permainan terdapat garis servis, garis  servis tengah, dan garis pinggir permainan tunggal.

Ukuran Lapangan Tennis

Federasi Tennis Internasional (ITF, International Tennis Federation) selaku induk organisasi olahraga tennis sedunia telah menetapkan ukuran standar lapangan tennis internasional adalah sebagai berikut.
Panjang lapangan tennis adalah 23,78 m
Lebar lapangan tennis adalah 10,97 m
Jarak garis servis dari garis net  6,40 m
Jarak garis pinggir permainan tunggal dari garis pinggir lapangan 1,37 m
Jarak tiang net untuk permainan tunggal adalah 0,914 m dari garis pinggir permainan tunggal
Jarak tiang net untuk permainan ganda adalah 0,914 m dari garis pinggir lapangan
Tinggi net  bagian ujung (sama dengan tinggi tiang net) 1,07
Tinggi net tepat di tengah 0,914 m
Panjang ruangan 36,7 m
Lebar ruangan 18,3 m

0 comments:

Posting Komentar